top of page

4 Tipe Dere Yang Sering Muncul Di Karya Pop Culture Jepang

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel dengan judul “Apa sih itu Dere?”, kali ini mimin akan menjelaskan 4 jenis Dere yang paling sering muncul di anime maupun drama Jepang. Sebelum masuk ke macam-macam tipenya, sebaiknya kita perlu tau apa itu budaya pop Jepang. Budaya Pop Jepang atau lebih dikenalnya dengan sebutan J-Pop Culture adalah sebutan hasil-hasil karya budaya yang erat sekali dengan budaya negara Jepang. Seperti komik, lagu, pakaian, sampai teknologi Jepang. Ada 2 aliran J-Pop Culture yang sangat laris di Indonesia yaitu Komik dan anime.


Dalam komik ataupun anime terdapat karakter yang menggambarkan orang Jepang. Walaupun tidak 100% karakter orang Jepang tergambarkan dalam karakter komik/anime. Salah satu sikap yang Jepang banget disebut dengan dere atau malu. Mengenai sikap apa itu sikap dere bisa di baca di sini:


Baca Juga: Apa sih Dere itu?


Kita langsung saja membahas mengenai 4 jenis dere yang sering muncul di J-pop anime maupun manga.

(sc: ThϵTsʋndϵrϵDemøn/Flickr)

1. Tsundere

Ini adalah dere yang paling banyak muncul dalam J-pop. Berasal dari kata Tsuntsun (ツンツン)dan tereru (照れる). Tsuntsun berarti jutek atau jual mahal sedangkan tereru berarti malu. Dengan kata lain Tsundere adalah malu-malu kucing atau malu-malu tapi mau. Tipe tsundere ini sering kali melontarkan kata-kata kasar terhadap orang yang disukainya ataupun orang yang dia anggap spesial. Dia bersikap demikian agar orang yang disukainya tidak mengetahui apa yang dirasakan sebenarnya. Tetapi di satu sisi tipe tsundere ini sangat ingin dipahami oleh orang tersebut. Sungguh merepotkan tipe yang 1 ini. Beberapa karakter juga terkenal berkat sikap tsundere ini, diantaranya adalah Kousaka Kirino dari anime OreImo, Naru Narusegawa dari anime Love Hina, dll.

Tachibana Kanade (sc: Darold Higa/Flickr)

2. Kuudere

Kuudere berasal dari kata kuuru (クール, dari bahasa inggris Cool) dan tereru (照れる). Karakter kuudere biasanya dia bersikap dingin terhadap orang yang dia anggap spesial. Tetapi dibalik sikap dinginnya itu dia sebenarnya memiliki rasa peduli terhadapnya. Selain itu karakter kuudere umumnya jarang menunjukan kelemahan yang dia miliki terkesan bisa mandiri dan sedikit misterius. Mereka yang memiliki sikap kuudere sulit mengutarakan perasaannya sendiri karena mereka terkadang tidak mengetahui perasaan apa yang mereka rasakan. Contoh karakternya adalah Kanade Tachibana dalam anime Angel Beats.

Akiyama Mio (sc: Chuuni Otaku/Flickr)

3. Dandere

Dandere berasal dari 2 kata yaitu danmari (黙り) yang berarti diam dan tereru (照れる) yang berarti malu. Karakter dandere adalah karakter yang pendiam tetapi di satu sisi dia ingin bersosialisasi. Namun terlalu takut untuk berbicara. Karakter ini lebih sering memilih diam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan baik untuk dia maupun sekitarnya. Kemudian ketika karakter dandere sudah membaur dengan sosial dia akan menjadi karakter yang terbuka, dan terlihat polos namun cute. Contoh karakter yang terkenal dengan danderenya adalah Hyuga Hinata dalam anime dan manga Naruto, Naruto Shippuden, dan Boruto. Lalu Akiyama Mio dari anime K-on.

Gasai Yuno (sc: Gracie Goehler/Flickr)

4. Yandere

Yandere berasal dari 2 kata juga yaitu yamu (病む) yang berarti sakit dan tereru (照れる). Singkat kata yandere adalah psikopat tetapi dia bersikap psiko apabila orang yang dia anggap spesial tersakiti. Tindakannya selalu ekstrem dan diluar dugaan, namun dia bersikap seperti itu demi orang yang dia sayangi. Tidak tanggung-tanggung, dia bahkan berani membunuh orang apabila diperlukan. Dibalik sikapnya terbilang kejam nan ekstrem, ntah kenapa karakter Karakter yang terkenal berkat sikap Yandere ini adlaah Gasai Yuno dari anime Mirai Nikki, Kotonoha Katsura dan Sekai Saionji dari manga dan anime School Days.


Sebenarnya karakter dere lebih dari 4 ini. Ada yang mengatakan total nya mencapai 30 tipe dere. Kira-kira ada gk ya salah satu sikap dere ini beneran di dunia nyata?

 

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Comments


Check our Instagram

bottom of page