• Dewa Arya Putra

Perbedaan Budaya Arab Dan Budaya Indonesia


Saudi Arabia (sc: Andrey Filippov 安德烈/Flickr)

Arab dan Indonesia adalah negara dengan penganut Agama Islam yang banyak. Sebagai negara dengan penganut Islam yang banyak, tetapi kedua negara tersebut masih memiliki perbedaan budaya. Karena budaya yang ada pada setiap negara tergantung dengan kebiasaan para penduduknya. Berikut adalah macam-macam perbedaan budaya Arab dengan Indonesia:


· Jika di Indonesia, berbicara dengan nada yang keras biasanya dianggap marah, berbeda dengan Arab. Beberapa cara komunikasi mereka memang menggunakan nada yang keras. Jadi jangan kaget atau takut ya pas denger orang Arab ngomong sedikit teriak.


· Orang Arab selalu mengucapkan salam walaupun kepada orang yang tidak dikenal, orang Indonesia pun terkadang mengucapkan salam tetapi kebanyakan cuek dan fokus kepada hal yang dilakukan.


· Orang arab suka menggunakan parfum yang baunya merebak. Berbeda dengan orang Indonesia yang kebanyakan memilih parfum yang berbau calm/membuat rileks.


· Hari jumat di Arab Saudi adalah hari libur. Berbeda dengan Indonesia yang kebanyakan hari liburnya dimulai pada hari Sabtu. Bahkan ada yang libur hanya hari Minggu.


· Fashion laki-laki Arab berjenggot tebal. Berbeda dengan Indonesia yang berjenggot tidak terlalu tebal bahkan ada yang tidak berjenggot.

Check our Instagram