top of page

KATA-KATA TERPANJANG DALAM BAHASA INGGRIS


Pernahkah terpikir, kira-kira kata seperti apa kata terpanjang dalam bahasa Inggris? Beberapa mungkin terpikirkan kata ‘understand’, ‘according’, dan masih banyak lagi. Faktanya, ada beberapa kosa kata yang bisa ditemukan dalam bahasa Inggris yang memiliki lebih dari 20 huruf di dalamnya. Berikut akan dibahas kosa kata apa saja yang termasuk dalam kosa kata terpanjang dalam bahasa Inggris.

'Deinstitutionalisation' memiliki 22 huruf di dalamnya. Kata ini mengacu pada proses penggantian rumah sakit jiwa jangka panjang (menampung pasien dalam waktu yang lama), dengan komunitan layanan mental yang mengurangi ‘pengasingan’ untuk mereka yang didagnosis gangguan mental atau pertumbuhan yang terhambat.

'Counterrevolutionaries' digunakan untuk menunjukkan seseorang atau suatu negara yang terlibat dalam gerakan untuk menentang revolusi atau melawan paham yang sudah ada sebelumnya. Kata ini memiliki 22 huruf di dalamnya, dan termasuk dalam kosa kata panjang dalam bahasa Inggris. Jika kata ini dipakai sebagai kata sifat, maknanya akan sedikit berubah merujuk ke gerakan pemulihan keadaan atau prinsip yang berlaku setelah revolusi.

'Antidisestablishmentarianism' adalah kata dalam bahasa Inggris yang memiliki 28 huruf di dalamnya. Kata ini memiliki arti paham yang menganjurkan agar Gereja Negara (atau gereja yang dibentuk atas nama negara) harus selalu mendapat perlindungan dari pemerintah daripada dibubarkan.

'Floccinaucinihilipilification' adalah salah satu kata terpanjang dalam bahasa Inggris yang memiliki 29 hururf di dalamnya. Arti dari kata ini adalah tindakan atau kebiasaan seseorang ketika menggambarkan atau menganggap sesuatu tersebut tidak penting, tidak bernilai, ataupun tidak berharga.

'Pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis' adalah kata terpanjang yang bisa ditemukan dalam bahasa Inggris, karena terdiri dari 45 huruf di dalamnya. Kata ini merupakan sebutan untuk penyakit paru-paru yang diakibatkan oleh terhirupnya debu halus. Debu yang menyebabkan penyakit ini kebanyakan adalah debu yang ditemukan di daerah gunung berapi. Hanya saja, ada beberapa pakar yang tidak setuju untuk menjadikan kata ini sebagai kata terpanjang karena termasuk dalam istilah teknis.



Pembaca sendiri apakah setuju dengan pendapat ahli di atas? Ternyata bahasa Inggris memiliki keunikan tersendiri, ya. Penulis sendiri butuh waktu lebih untuk membaca dan melafalkan kata-kata di atas. Apabila ingin belajar bahasa Inggris lebih mendalam, tidak ada salahnya untuk ikut les di Tsubomi House. Eits, para tutor di Tsubomi House tidak hanya mengajarkan bahasa Jepang saja, lho. Ada bahasa Inggris juga yang bisa dilihat lebih lanjut disini. Penulis: Vidya Surya Indah

Editor: Daffa Ramadhan

Comentarios


Check our Instagram

bottom of page