• Dewa Arya Putra

Ibnu Firnas, Penemu Teknologi Pesawat Terbang Pertama Kali

Ada yang tau siapa penemu teknologi pesawat terbang pertama? Orville Wrigy dan Wilbur Wright adalah dua bersaudara yang sering disebut-sebut sebagai penemu teknologi persawat terbang pertama. Wright Bersaudara menerbangkan pesawat mereka pada tahun 1903. Sebenarnya teknologi pesawat terbang telah lama ditemukan yakni sekitar tahun 875M. Orang yang menemukannya bernama Ibnu Firnas.

Father Of Flying Machine Ibn Firnas (sc: MehrzadiHatami/Flickr)

Baca Juga: Ibnu Haytham, Bapak Optik Yang Berasal Dari Irak


Ibnu Firmas memiliki nama lengkap Abbas Abu al-Qasim Bin Firnas Ibn Wirdas al-Takurini adalah seorang penemu, fisikawan, kimiawan, teknisi, musisi serta penyair berbahasa Arab yang berasal dari Andalusia. Andalusia pada saat ini adalah daerah sekitar Negara Spanyol. Pada zaman itu belum ada bahan-bahan yang kuat seperti saat ini. Maka pada zaman itu Ibnu Firnas menggunakan bahan seadanya yaitu bulu burung Nasar. Dia membentuknya seperti glider atau para layang. Alat buatannya tersebut diberi nama Ornitophter.

Patung Ibnu Firnas (sc: Oras Al-Kubaisi/Flickr)

Baca Juga: Mari Mengenal Goa Hira, Tempat Nabi Muhammad SAW Mendapat Wahyu Pertama


Kemudian dia mencoba terbang dari bukit Cordoba bernama Jabal Ar-Rus dan berhasil terbang selama sekitar 10 menit. Pada saat itu penemuan Ibnu Firnas sangat menarik perhatian banyak orang. Sayangnya pada saat percobaan tersebut, Ornitopher belum ada alat pendaratan yang baik sehingga membuat Ibu Firmas mendarat dengan parah. Alhasil dia mengalami cidera tulang punggung. Berkat penemuannya ini, Baghdad membangun sebuah bandara yang diberi nama International Ibn Firnas Airport dan membuat patung Ibnu Firnas yang menggunakan Ornitopther.

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram