top of page

Dhamir (ضَمِيْر) atau Kata Ganti Orang Dalam Bahasa Arab


Bahasa Arab dianggap menjadi bahasa yang cukup susah untuk dipelajari karena memliki perbedaan sebutan untuk laki-laki dan perempuan. Kata ganti pun memiliki banyak jenis, yaitu Dhamir Munfashil (ضَمِيْر مُنْفَضِل) atau kata ganti yang ditulis terpisah dengan kalimat sebelum dan sesudahnya, Dhamir Muttashil (ضَمِيْر مُتَّصِل) atau kata ganti yang ditulis bersambung dengan kalimat sebelum dan atau sesudahnya, dan Dhamir Mustatir (ضَمِيْر مُسْتَتِر) atau kata ganti yang tersembunyi atau tidak tertulis dalam kalimat. Kita akan membahas satu per satu kata ganti tersebut.


Kali ini yang akan dibahas adalah Dhamir Munfashil (ضَمِيْر مُنْفَضِل) atau kata ganti yang ditulis terpisah dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Kata ganti ini merupakan kata yang paling bisa diketahui dengan mudah. Hal ini dikarenakan kosa kata yang digunakan terpisah dengan kosa kata lain, sehingga mudah dikenali. Kata ganti Dhamir Munfashil (ضَمِيْر مُنْفَضِل) memiliki 14 macam dan terdiri dari panggilan untuk perempuan dan laki-laki. Dari panggilan untuk satu orang, hingga panggilan untuk lebih dari satu orang.



Berikut adalah macam-macam kata ganti orang Dhamir Munfashil (ضَمِيْر مُنْفَضِل), yaitu:

Huwa (هُوَ) = Dia (Laki-laki)

Humaa (هُمَا) = Mereka berdua (Laki-laki)

Hum (هُمْ) = Mereka semua (Laki-laki)

Anta (اَنْتَ) = Kamu (Laki-laki)

Antumaa (اَنْتُمَا) = Kamu berdua (Laki-laki)

Antum (اَنْتُمْ) = Kamu semua (Laki-laki)

Hiya (هِيَ) = Dia (Perempuan)

Humaa (هُمَا) = Mereka berdua (Perempuan)

Hunna (هُنَّ) = Mereka semua (Perempuan)

Anti (اَنْتِ) = Kamu (Perempuan)

Antumaa (اَنْتُمَا) = Kamu berdua (Perempuan)

Antunna (اَنْتُنَّ) = Kamu semua (Perempuan)

Anaa (اَنَا) = Saya/ Aku (Laki-laki/Perempuan)

Nahnu (نَحْنُ) = Kami/ kita (Laki-laki/Perempuan)


Perbedaan jenis kelamin dan jumlah orang pun mempengaruhi bagaimana kita memanggil. Jadi, diharapkan para pembelajar bisa berhati-hati dan melihat situasi sebelum memanggil seseorang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila para pembaca yang merasa kesulitan untuk mempelajari bahasa Arab sendirian untuk melihat kursus bahasa Arab kami disini.


Penulis : Vidya Surya Indah

Editor : Daffa Ramadhan



1 Comment


Raga Sukma
Raga Sukma
Jun 14, 2023

Sangat membantu sekali dlm

Like

Check our Instagram

bottom of page