• Dewa Arya Putra

Ikebana, Seni Merangkai Bunga Dari Negara Jepang

Seperti yang kita tau, Jepang itu salah satu negara yang punya banyak seni dan tradisinya. Salah satu seni dari Jepang adalah Ikebana. Ikebana (生花) yang kalau diartikan ke Bahasa Indonesia adalah "rangkaian bunga". Ikebana adalah seni merangkai bunga yang memanfaatkan segala jenis tumbuhan baik bunga, rumput, daun, hingga tangkainya untuk membuat rangkaian yang indah dengan tujuan untuk dinikmati keindahannya. Bagi seseorang yang mendalami seni ikebana ini, orang-orang Jepang menyebutnya dengan kadō (華道) atau dalam Bahasa Indonesianya adalah “Jalan Kehidupan Bunga”. Woah dalam sekali, untuk merangkai bunga saja perlu “Jalan” tersendiri. Mungkin kadō adalah sebuah jalan bagi orang yang ingin mendedikasikan dirinya di dunia seni merangkai bunga ini.

Contoh Ikebana (sc: manuel m. v./Flickr)

Baca Juga: Ayo Kita Mengenal Lebih Dekat Tentang Geisha Yang Ada Di Jepang


Awal mula ikebana sebenarnya tradisi mempersembahkan bunga di kuil Budha yang ada di Jepang. Katanya sih, ikebana ini berkembang bersamaan dengan perkembangan kepercayaan Budha yang ada di Jepang sekitar abad ke-6. Lalu ada penelitian yang mengatakan, bahwa ikebana berasal dari tradisi animisme orang jaman kuno yang menyusun kembali tanaman yang sudah di petik dari alam liar. Animisme adalah kepercayaan bahwa setiap benda memiliki jiwa dan roh yang harus di hormati.

Contoh Hasil Akhir dari Ikebana (sc: Terrance Rengarasu/Flickr)

Baca Juga: Kasa Obake, Hantu Payung Yang “Kesepian”


Zaman dulu, manusia merasa aneh terhadap benda yang kita kenal sebagai tumbungan sekarang ini. Sampai-sampai mereka menganggap itu misteri karena bagian tanaman yang sudah dipetik masih tetap bisa bertahan hidup kalau diperlakukan dengan benar. Beda seperti hewan yang langsung mati setelah diburu. Kemudian mereka melakukan percobaan dengan memasukan tumbuhan yang sudah dipetik tersebut ke dalam vas. Alhasil manusia zaman itu merasa puas karena telah merasa bisa mengendalikan salah satu peristiwa alam yang sebelumnya tidak bisa dikendalikan.

Ikebana dengan wadah berbentuk kotak (sc: Kim Ahlström/Flick)

Ada juga yang mengatakan, bahwa ikebana bukan sekedar memilih dan asal menggabungkan beberapa jenis bunga saja, tetapi mengajarkan kamu tentang kehidupan juga. Kira-kira ada yang tertarik dengan bidang kesenian yang satu ini? But before that, kalian mesti Belajar Bahasa Jepang dulu, agar makin memahami apa yang disebut dengan kadō.

(by: Dewa Arya - Tsubomi House TLC)

Check our Instagram

Jangan Lewatkan Penawaran Menarik Dari Kami.

Berlangganan Newsletter Sekarang Juga.

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
© 2020 by Tsubomi House

Our Office:

Jalan Graha Gunung Anyar Tambak No. 37,

Gunung Anyar Tambak, Surabaya 60294
Office: 0812-3836-4722

Courses: 0878-7583-8289

Email. tsubomihousetlc@gmail.com